Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

Baca Rules Sisi Kiri Dengan Cermat

KHS Fullsus SALE!!

Friday, August 10, 2012

Ngacir ke Setu Tujuh Muara
































Setu Tujuh Muara adalah nama yang bisa jadi engga dikenal dengan baik oleh semua orang. Tapi jika disebut dengan nama “modernnya” yakni: setu Sawangan Golf, hampir setiap orang paham itu ada dimana. Penduduk disekitar wilayah Pondok Petir tahu betul lokasi ini karena setu ini memang terhampar didekat mereka. Pondok Petir sendiri adalah wilayah kampung penuh jalan kecil dan “pengkolan” mirip labyrinth rumit yang bisa dicapai dari Pondok Cabe. Sedangkan buat penduduk Jakarta sendiri, jika mondar mandir Ciputat ke Bogor via jalan raya Parung, pasti lokasi lapangan golf Sawangan akan dilewati. Posisi setu ini cuma beda 2 km-an dari lapangan golf tsb.

Seperti disebut tadi, disini adalah wilayah perkampungan, maka itu dalam arti sebenarnya. Jalan aspalnya sempit ngepas dipakai buat papas an dengan dua mobil. Dan masuk kedalam gang gang kecilnya penuh dengan jalan tanah merah atau jalan semen hasil swadaya masyarakat sendiri.
Asri teduh, hijau banyak pepohonan. Mirip dengan Pamulang ditahun 1985 an. Permukaan tanahnya tidak flat total, kadang melewati wilayah bukit bukit kecil disana sini yang dibelah oleh beberapa ruas sungai alam. Disini juga banyak tersedia kolam pemancingan penduduk. Rata rata pemancing jabotabek tau betul dengan wilayah ini.

Selain memancing dikolam empang komersiil, disekitar sini ada beberapa danau alam yang lumayan besar, salah satunya tentu saja Setu Tujuh Muara.
Namanya lumayan seram dan menimbulkan imaji setan atau kuntilanak. Terminologi mistik ditanah air memang dipenuhi dengan unsur “angka tujuh”, misal: kembang tujuh rupa, air dari tujuh sumber mata air, dstnya. Gak heran, orang kita itu akan paham kenapa angka tujuh selalu dikaitkan dengan pemahaman angker, ghaib, dan sejenisnya.

Disisi danau lebar ini ada lokasi tempat nongkrong buat yang ingin berwisata duduk duduk disaung sederhana. Terletak disebuah lapangan luas (separuh lapangan bola) dari tanah merah, belasan saung ada disitu melayani pemancing, atau orang yg sekedar ingin datang berwisata keluarga atau pacaran.
Soal pacaran, ini adalah pemandangan paling mencolok disini. Silih berganti mereka datang memakai motor atau mobil, anak ABG jangan ditanya deh. Bukan cuma disaung ini, kalo sudah pengen “mojok abis”, maksudnya “mojok pol”, mereka melipir menjauh dari saung dan memilih ditepian telaga luas ini yg dipenuhi oleh ilalang tinggi.
Ketika ditanya kepada penjual warung, seorang ibu muda, kenapa disini diberi nama Setu Tujuh Muara, si ibu ini mikir dengan muka bingung. Lalu dijawab, setu ini ada tujuh muaranya, atau mungkin lebih ???
Halah, kalo gitu aja jawabannya semua juga taulah.

Lepas dari cerita diatas, setu ini merupakan salah satu rute favorit buat bersepeda dengan MTB. Jalannya ngepas, jalan setapak penuh lubang hancur dari tanah dan batu.
Sebagian kecil merupakan bekas conblock yang sudah rontok disana sini.
Becek, lembab, penuh ilalang tinggi. Cobalah mengelilingi setu ini dengan titik berangkat lokasi wisata saung tadi, maka dengan jalan santai saja bisa didapat jarak 10km. Jika dikombinasikan dengan ngebut dan ngotot, badan bisa lumayan berkeringat dan capek dibahu atau pantat melayani trek yang jelek disekeliling danau.
Apabila masih tidak puas dengan total jarak 10km, masih bisa kok dikombinasikan lagi dengan melebarkan arah perjalanan menjauh dari setu. Jaraknya bisa tak terbatas, tergantung kekuatan masing masing pesepeda saja.

Wilayah ini sangat recommended buat pesepeda jabotabek yang ingin mendapatkan udara segar dan keringat ditrek kampung tapi jaraknya sangat dekat dengan pusat kota.
Sawangan tidak jauh amat, dan bisa dicapai dengan gampang baik dari Cinere, Ciputat, atau Pondok Cabe.
Bintaro, Jombang, dan Serpong sudah makin parah dengan pertumbuhan real estate dan jalan penuh polusi. Area ini masih bisa disebut surga ditengah hiruk pikuk kota yang penuh dengan trek kampung melimpah dan adem. *** hsgautama.multiply.com











No comments:

Post a Comment

PERHATIAN :::::::::::
* Komentar soal isi blog ini saja. Promo dilarang disini, maaf.
* Jika kalian penipu online, fake onlineshop jangan harap bisa posting disini. Blog ini tidak dipakai buat numpang aksi penipuan oleh pihak lain. Cari makan halal sana dan jangan menipu.
* NO offensive item, NO haters gak jelas, NO Violence, NO SARA, NO Seks item whatsoeva, NO Judi online, NO drugs, NO Alcohol.

Pedagang Antik dan Barang Jadoel

10 Tahun Dagang Online

10 Tahun Dagang Online

Join Grup Pemancing Fesbuk "Pasarikan", klik foto banner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...